Aug 22 2019

Rembug Klaster Pengembangan Ekonomi Lokal

Maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah Menggali permasalahan yang dihadapi klaster Gula Sehat dan Kelapa Terpadu di Kabupaten Cilacap, Mencari solusi pemecahan masalah, Memberikan pemahaman dan arahan kepada anggota klaster Gula Sehat dan Kelapa Terpadu untuk membuat laporan pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan / diikuti oleh anggota klaster serta membuat program / rencana kerja klaster berdasarkan prioritas kegiatan.

Rembug Klaster Pengembangan Ekonomi Lokal ( PEL ) dengan tema “ Peningkatan mutu kualitas Gula sehat dan Kesejahteraan anggota klaster Gula Sehat dan Kelapa Terpadu Kabupaten Cilacap “Kamis, 22 Agustus 2019 bertempat di  Rumah Makan Mbah Suro Jl. Bendungan Menganti, RT. 01 / RW. 02, Bojongsari Kedungreja Kabupaten Cilacap dengan Narasumber yaitu Bpk. Drs Suyono, MM (Ketua Pelaksana FEDEP Kab. Cilacap) , Bpk. TUMIYO ( Ketua Klaster Gula Sehat dan KelapaTerpadu). Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Perekonomian (Bapak Daryono, SE, MM).  ini diikuti oleh peserta yaitu dari BAPPELITBANGDA Kabupaten Cilacap, Kepala DISNAKERIN Kabupaten Cilacap, Kepala DISPABUN Kabupaten Cilacap, Kepala DPMPTSP Kabupaten Cilacap, Kepala DPKUKM Kabupaten Cilacap, Kepala Bagian Perekonomian Setda Kab. Cilacap, Ketua Pelaksana FEDEP Kab. Cilacap, Ketua dan Anggota Klaster Gula Sehat dan Kelapa Terpadu Kab. Cilacap (25 Orang).

Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini yaitu Klaster Gula Sehat dan Kelapa Terpadu dapat mengembangkan / meningkatkan kualitas hasil produknya, variasi produk dan dapat bersinergi dengan anggota lain., Adanya Sinergi / Kerjasama antara SKPD teknis dengan Klaster Gula Sehat dan Kelapa dalam menggerakan ekonomi lokal untuk percepatan pembangunan ekonomi daerah.

Pada Kesempatan kali ini Kepala Bidang Perekonomian dari Bappelitbangda Kabupaten Cilacap (Bapak Daryono, SE, MM ) dalam sambutannya menyampaikan hal–hal diantaranya Klaster Gula Sehat dan Kelapa Terpadu di Kabupaten Cilacap dibentuk berdasarkan Keputusan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor : 510 / 258 /37/ Tahun dan memiliki Tugas-tugas untuk Memberikan bahan pertimbangan kepada Kepala Bappelitbangda melalui Forum FEDEP yang berhubungan dengan kebijakan ekonomi termasuk didalamnya usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM ) di Kab. Cilacap, Memberikan masukan terkait pengembangan ekonomi lokal kepada Kepala Bappelitbangda melalui Forum FEDEP sebagai bahan kebijakan program pengembangan usaha dan perluasan lapangan kerja khususnya klaster Gula Sehat dan Kelapa Terpadu, Mengidentifikasi potensi unggulan ekonomi daerah di sektor industri Gula Sehat dan Kelapa Terpadu di Kabupaten Cilacap, Mengkoordinasikan program dan kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan kelembagaan guna kemandirian UMKM Gula Sehat dan Kelapa Terpadu kab. Cilacap Melaporkan hasil pelaksanaan tugas secara tertulis dan bertanggungjawab kepada Bappelitbangda Kab. Cilacap melalui Forum FEDEP

Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui SKPD terkait mendukung penuh keberadaan Klaster Gula Sehat dan Kelapa Terpadu, hal tersebut dibuktikan dengan usaha – usaha yang telah dilakukan untuk pengembangan klaster Gula Sehat dan Kelapa terpadu seperti Memfasilitasi pelaksanaan pelatihan – pelatihan, Memfasilitasi pemberian bantuan alat, Mempromosikan / memasarkan hasil produk ( diikut sertakan dalam kegiatan pameran ), Serta kebijakan lain yang bertujuan untuk pengembangan klaster Gula Sehat dan Kelapa Terpadu

Materi yang disampaikan oleh Narasumber Bapak Tumiyo Ketua Klaster Gula Sehat dan Kelapa Terpadu Kabupaten Cilacap antara lain  Kondisi IKM Penderes Gula Kelapa seperti Akses Pasar Rendah, Tidak bisa mengukur kebutuhan, Terjebak dalam sistem hutang ( Non – Bank ), Rendahnya Kualitas produk dan keamanan pangan, Minimnya penerapan teknologi, Resiko kerja tinggi dan Tanpa Jaminan Kesehatan ( Asuransi ) serta Perlakuan pola budidaya tanaman ( ala kadarnya )

Untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi diperlukan adanya kualitas produk dan komitmen bersama di klaster Gula Sehat dan Kelapa Terpadu perlu pengetahuan Teknologi BPJS Kesehatan, Produksi Gula yang Sehat, dan persiapan produk sesuai persyaratan dan strategi pemasaran yang lebih jitu  dalam segi pemasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.