May 02 2018

Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) Regional Kabupaten Cilacap Tahun 2018

Pada tanggal 23 s/d 26 Mei 2018 yang lalu, Kegiatan Perkemahan Ilmiah Remaja Regional di Kabupaten Cilacap dilaksanakan lagi. Bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, PIR kali ini berlangsung di Hotel @HOM Premiere Cilacap dan diikuti oleh 90 peserta dari berbagai SMA, SMK maupun MA se- Kabupaten Cilacap.

PIR terbagi dalam 3 kelas, yakni kelas IPA yang terdiri dari 31 siswa, kelas IPS 32 siswa, dan kelas guru yang terdiri dari 27 orang.

Narasumber kegiatan PIR berasal dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang sangat berkompeten dibidangnya, yakni 1). Dr. Iwan Saskiawan dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, 2). Dr. Katubi, M. Hum dari Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan LIPI, 3). Dr. Dede Heri Yuli Yanto, S.Si, M.Agr dari Pusat Penelitian Biomaterial LIPI, dan 4). Indriyani, ME dari Biro Kerjasama, Hukum dan Humas LIPI.

Kegiatan yang dilaksanakan untuk kedua kalinya di Kabupaten Cilacap tersebut  dibuka oleh Sekda Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf, yang mewakili Bupati Cilacap. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  akan menentukan posisi daya saing bangsa Indonesia di era globalisasi seperti pada saat ini. Apabila ilmu pengetahuan dan teknologi dikembangkan secara strategis maka bangsa Indonesia tidak akan tertinggal dengan bangsa lain, bahkan dapat menjadi yang terdepan dalam beragam aspek kehidupan, baik di bidang industri, perdagangan dan jasa, pendidikan, pertahanan, transportasi dan lain sebagainya.

Ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dapat terlepas dari kegiatan penelitian. Oleh karena itu, penting kiranya dilakukan upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan penelitian.

Menukil dari kata bijak yang disampaikan oleh Prof. Dr. Oemi Hani’in (Alm) dari UGM, bahwa banyak orang yang berpengalaman dilapangan tapi sedikit sekali yang mau menulisnya, namun banyak juga orang yang menulis meskipun tidak punya pengalaman di lapangan.

Agar kegiatan penelitian di Kabupaten Cilacap dapat berjalan secara ilmiah dan sistematis, perlu dilakukan bimbingan kepada masyarakat yang mempunyai komitmen terhadap kegiatan penelitian, seperti pelajar dan guru pembimbing Karya Tulis Ilmiah agar kegiatan penelitian yang dilakukan di kabupaten Cilacap dapat berjalan sesuai dengan  mekanisme dan prosedur yang telah ditentukan.

Oleh sebab itulah Bupati sangat mengapresiasi kegiatan Perkemahan Ilmiah Remaja Kabupaten Cilacap sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk pengembangan dan meningkatkan kualitas kegiatan penelitian di Kabupaten Cilacap.

Dengan bekal ilmu yang dihasilkan dari kegiatan Perkemahan Ilmiah Remaja tersebut, Bupati berharap agar para peserta terlatih untuk  mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk karya ilmiah yang sistematis dan metodologis, yang muaranya diharapkan mampu memberikan sumbang saran / pemikiran bagi upaya pemecahan permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap diberbagai bidang kehidupan. ( ylrest )

Leave a Reply

Your email address will not be published.