Mar 27 2018

Musrenbang RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2019

CILACAP–Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah/RKPD Tahun Anggaran 2019, Pemkab Cilacap Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2019 bertempat di Gedung Graha Pemuda Bercahaya Jl. Jenderal Sudirman Cilacap, Selasa (27/03/2019).

Konsultasi Publik dibuka oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman.  Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD, Para Wakil Ketua DPRD beserta Para Ketua Komisi dan Ketua Fraksi DPRD Kabupaten Cilacap, utusan dari BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah, Para Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Cilacap,  Kepala Instansi Vertikal di Kabupaten Cilacap, utusan dari BAPPEDA Kabupaten tetangga yaitu Banjarnegara, Banyumas, Purba

 

lingga, Kebumen, Brebes, Ciamis, Kuningan, Pangandaran, dan Kota Banjar,  utusan Lembaga/ Instansi Vertikal,  Para Pimpinan BUMN/BUMD, Para Pimpinan Perguruan Tinggi, Ketua MUI Cilacap, Para Ketua Organisasi Masyarakat, Ketua Organisasi Profesi, Ketua LSM, Para Ketua Asosiasi dan Para Pimpinan Media Massa,  Para Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap, Camat se-Kabupaten Cilacap serta Lurah dan perwakilan Kepala Desa di Kabupaten Cilacap.

 

 

Dalam Laporannya Plt. Kepala Bappelitbangda Kabupaten Cilacap selaku Ketua Penyelenggara mengatakan bahwa Berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Pasal 94 menyebutkan bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten dilaksanakan paling lambat pada minggu ke empat bulan Maret dengan tujuan untuk membahas Rancangan RKPD tahun 2019. Dalam penyusunan Rancangan Akhir RKPD selain harus di reviu oleh Inspektorat Kabupaten, maka Rancangan Akhir RKPD akan dijadikan bahan penyusunan Rancangan Peraturan Bupati tentang RKPD, yang akan difasilitasi oleh Gubernur  melalui BAPPEDA Provinsi (pasal 102). Disampaikan pula bahwa Pembahasan Rancangan RKPD Kabupaten Cilacap tahun 2019 (sesuai pasal 95) akan dilaksanakan dalam rangka :

  1. Menyepakati permasalahan pembangunan Daerah.
  2. Menyepakati prioritas pembangunan Daerah.
  3. Menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi.
  4. Penyelarasan program dan kegiatan pembangunan Daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi, dan
  5. Klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan Daerah Kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan.

Sedangkan Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa prioritas pembangunan Tahun 2019  adalah di Bidang Kesehatan mealui Pembangunan Puskesmas Rawat Inap dan Pembentukan Kampung Kesehatan, Bidang Ekonomi melalui  Pengembangan Desa Wisata, Pengembangan Desa Inovasi dan Pembangunan Pasar Rakyat serta Peningkatan Sarpras Pertanian, Bidang Infrastruktur dengan prioritas pembangunan jalan dan jembatan,  pembangunan akses air minum dan Ruang Terbuka Hijau (RTH), serta Bantuan Keuangan khusus kepada Desa dengan prioritas peningkatan jalan desa, pembangunan Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) dan peningkatan daya tarik wisata, pembangunan sarpras pasar desa serta desa inovasi. Dikatakan pula bahwa mulai Tahun Anggaran 2019 Pemerintah Kabupaten Cilacap mulai menerapkan sistem perencanaan (e-planning) dan penganggaran (e-budgeting) terintegrasi secara elektronik untuk menjaga konsistensi perencanaan dan penganggaran, juga atas arahan dari hasil supervisi dan monitoring oleh Tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Dengan pemberlakuan aplikasi tersebut kedepan seluruh program dan kegiatan serta pekerjaan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Cilacap harus tertuang di dalam RKPD.

Bupati juga menekankan bahwa Musrenbang  RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2019 ini harus menghasilkan suatu produk yang bagus sehingga pada tahun 2019 tidak ada lagi tumpang tindih indikator program antar SKPD yang satu dengan SKPD lain. Selain Wakil Bupati turut memberikan sambutan adalah Ketua DRD Taswan dan utusan dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah,

Kemudian acara dilanjutkan dengan acara inti yaitu Musrenbang RKPD 2019 dengan dimoderatori oleh Asisten Ekonomi dab Pembangunan Sekda Cilacap Dian Setyabudi. Para peserta menerima paparan dari dua  narasumber yaitu:

  1. Paparan dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Jateng-DIY tentang Rencana Kegiatan TA. 2018 dan Program TA. 2019 Provinsi Jawa Tengah Bagian Selatan
  2. Paparan Rancangan RKPD 2019 oleh Sekretaris Daerah tentang permasalahan, isu strategus dna program piroritas pembangunan daerah Kabupaten Cilacap Tahun 2019, serta Rencana Pendapata, Belanja dan Pembiayaan Tahun 2019.

Setelah paparan dilakukan pembahasan dan tanggapan serta diskusi dan Tanya jawab terhadap Rancangan RKPD Tahun 2019

Musrenbang RKPD ditutup dengan Penyampaian rumusan hasil Musrenbang RKPD penandatanganan Berita Acara Musrenbang RKPD 2019.

Materi Paparan  selengkapanya bisa didownload disini

Leave a Reply

Your email address will not be published.