Jan 25 2018

Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2019

Bappelitbangda-Cp. Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah/RKPD Tahun Anggaran 2019, Pemkab Cilacap menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2019, di Aula Bappelitbangda Kabupaten Cilacap, Kamis (25/01/18). Konsultasi Publik ini bertujuan untuk menentukan arah kebijakan Pembangunan Kabupaten Cilacap Tahun 2019 dan  mewujudkan perencanaan program dan kegiatan pembangunan Kabupaten Cilacap Tahun 2019 yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan RPJMD Kabupaten Cilacap Tahun 2017–2022. Dengan Konsultasi Publik diharapkan dapat terwujud koordinasi, sinergitas, effisiensi dan efektifitas dalam penyusunan prioritas rencana program kegiatan dan anggaran yang akan  dituangkan dalam RKPD Tahun 2019.

Konsultasi Publik dibuka oleh Bupati Cilacap Tato S Pamuji.  Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Cilacap, unsur pimpinan DPRD Kabupaten Cilacap, Kepala Instansi Vertikal di Kabupaten Cilacap, Para Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap, Camat di Lingkungan Pemkab Cilacap, Para utusan Perguruan Tinggi, Ormas, Orsos dan LSM,  Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa prioritas pembangunan Tahun 2019  adalah di Bidang Kesehatan mealui Pembangunan Puskesmas Rawat Inap dan Pembentukan Kampung Kesehatan, Bidang Ekonomi melalui  Pengembangan Desa Wisata, Pengembangan Desa Inovasi dan Pembangunan Pasar Rakyat serta Peningkatan Sarpras Pertanian, Bidang Infrastruktur dengan prioritas pembangunan jalan dan jembatan,  pembangunan akses air minum dan Ruang Terbuka Hijau (RTH), serta Bantuan Keuangan khusus kepada Desa dengan prioritas peningkatan jalan desa, pembangunan Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) dan peningkatan daya tarik wisata, pembangunan sarpras pasar desa serta desa inovasi. Dikatakan pula bahwa mulai Tahun Anggaran 2019 Pemerintah Kabupaten Cilacap mulai menerapkan sistem perencanaan (e-planning) dan penganggaran (e-budgeting) terintegrasi secara elektronik untuk menjaga konsistensi perencanaan dan penganggaran, juga atas arahan dari hasil supervisi dan monitoring oleh Tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Dengan pemberlakuan aplikasi tersebut kedepan seluruh program dan kegiatan serta pekerjaan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Cilacap harus tertuang di dalam RKPD

Dalam forum SKPD, para peserta juga menerima paparan dari sejumlah narasumber yaitu: paparan Pokok-Pokok Pikiran DPRD oleh Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Paparan Kerangka Keuangan Daerah Tahun 2019 oleh Kepala BPPKAD dan paparan Pioritas Pembangunan Daerah  Tahun 2019 oleh Kepala Bappelitbangda

Setelah paparan dilakukan pembahasan dan tanggapan terhadap Rancangan Awal RKPD Tahun 2019 dengan dimoderatori oleh Plt. Sekretaris Daerah Drs. Farid Ma’ruf, MM. Dalam kesempatan tersebut Sekda mengatakan bahwa hasil dari Konsultasi Publik ini nantinya akan menjadi bahan penyusunan Rancangan RKPD Tahun 2019 sebagai  bahan perencanaan pembangunan daerah untuk tahun 2019 sehingga akan menghasilkan program kerja yang dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai kebutuhan.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan penyerahan Piagam penghargaan pelayanan publik dari Kemenpan RI , diserahkan oleh Bupati Cilacap kepada RSUD Cilacap dan DPMPTSP Kabupaten Cilacap.

Konsultasi Publik ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Hasil Konsultasi Publik oleh perwakilan peserta Konsultasi Publik.

Materi/ Paparan Konsultasi Publik selengkapnya dapat di download di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published.