Nov 06 2017

Desiminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi oleh LIPI

Beberapa waktu yang lalu tepatnya pada tanggal 24 Mei 2017 di Pendopo Kabupaten Cilacap, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI ) telah mengadakan desiminasi ilmu pengetahuan dan teknologinya di Kabupaten Cilacap. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota DPR RI Dapil Wilayah Banyumas Dito Ganinduto, MBA, Para Anggota DPRD Kabupaten Cilacap, serta Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia beserta Tim dari LIPI  Jakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dari komponen masyarakat yang terkait, kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Cilacap. Dalam sambutannya, Bupati Cilacap mengungkapkan bahwa muara dari pelaksanaan Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) ini substansinya adalah upaya dalam mengembangkan potensi daerah agar lebih maju dan lebih meningkat untuk daya saing bangsa.

Inovasi yang telah dihasilkan oleh LIPI sangatlah banyak dan beragam, serta meliputi berbagai bidang, baik bidang pertanian, perikanan, perkebunan (Kebun Raya) industri, farmasi, kesehatan dan bidang-bidang yang lain, yang dimulai dari hulu hingga hilir dan mempunyai kualitas yang tentunya sangat bagus dan dapat dibanggakan, untuk itu Bupati mengajak agar kita bersama bisa memanfaatkan hasil-hasil inovasi tersebut untuk diterapkan di wilayah Kabupaten Cilacap.

Dari hasil Diseminasi ini, Bupati berharap akan ada tindaklanjut yang lebih baik, terutama dalam hal pelaksanaan kerjasama oleh masing-masing Perangkat Daerah maupun para peserta yang hadir,  sesuai dengan bidang tugas dan kebutuhan masing – masing, demi meningkatnya kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Cilacap.  Beliau yakin, apabila permasalahan-permasalahan yang ada di Kabupaten Cilacap ini ditangani oleh para Pakar-pakar dari LIPI, maka Kabupaten Cilacap akan cepat maju dan bersaing dengan wilayah lain.

Setelah paparan desiminasi oleh berbagai pakar dari LIPI selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Pembuatan Pupuk Organik Hayati (POH) yang diikuti oleh para Penyuluh Pertanian di Kabupaten Cilacap.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan secara simbolis 1 unit alat pembuat pupuk organik hayati dari LIPI untuk pemerintah Kabupaten Cilacap. Hal tersebut dimaksudkan agar para petani dapat membuat pupuk tanamannya sendiri secara mandiri dengan biaya yang murah namun tetap efektif, untuk meminimalis biaya produksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.