Nov 06 2017

Cilacap gelar Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Kabupaten

Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Kabupaten Cilacap dilaksanakan dalam rangka  memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-22  Tahun 2017. Tujuan utama dilaksanakannya lomba TTG, yang sudah dilaksanakan 6 kali di Kabupaten Cilacap ini adalah  untuk meningkatkan kreativitas para pelajar ditingkat  SLTA/ sederajat , mahasiswa dan masyarakat secara umum dalam mengembangkan ide, gagasan dan inovasinya, baik di bidang sains, teknologi, informasi, komunikasi, ekonomi, dan bidang lainnya.

Pelaksanaan Lomba TTG ini telah berlangsung sejak Bulan Februari sampai dengan Bulan Juli Tahun 2017, dengan melalui beberapa tahap  kegiatan  antara lain : Sosialisasi (pengiriman pemberitahuan Lomba Inovasi TTG, Pendaftaran/ Pengiriman Dokumen, Seleksi Tahap I, Seleksi Tahap II, dan Penentuan hasil / pemenang lomba. Penilaian pemenang lomba TTG oleh dewan juri yang berasal dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah.

Terdapat 2 Kategori dalam lomba TTG ini, yakni Kategori Pelajar yang telah terjaring 42 (Empat puluh dua) invensi dari beberapa sekolah ditingkat SMA/ SMK/ MA, dan diberikan penghargaan kepada 6 (enam) invensi terbaik, yakni invensi dari SMA N 3 Cilacap dengan Judul inovasi  Sirup Aglaia Lawii Penjinak HIV / AIDS sebagai Juara 1, invensi dari  SMA N 1 Cilacap dengan judul PCS APP sebagai indikator kebutuhan bensin pada sepeda motor Juara 2, Spondias Soap sabun ekstrak daun kedondong pencegah gatal – gatal Juara 3, dan Eco-Friendly Transportation Berbasis Wind Converter ( WiCt ) Juara Harapan 1.

Selanjutnya, invensi dari MAN Kroya dengan judul inovasi Termisida Biro Cakau obat pembasmi rayap berbahan buah bintaro, cabai rawit dan tembakau yang ampuh dan ramah lingkungan dianugerahi Juara Harapan 2, sedangkan dari SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu dengan judul inovasi Pemanfaatan Daun Dadap Serep sebagai Termatik (Plester Rematik ) Herbal mendapatkan Juara Harapan 3.

Selain Kategori Pelajar, kategori lainya adalah Kategori Umum (Masyarakat dan Mahasiswa), yang telah terjaring 17 (tujuh belas) invensi dari beberapa perguruan tinggi/ masyarakat umum, dan diberikan penghargaan kepada 6 (enam) invensi terbaik juga.

Adapun para pemenang untuk kategori umum adalah sebagai berikut : Juara 1 diraih oleh STIKES Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap dengan inovasi berjudul Formulasi dan Uji Sifat Lulur Serbuk Kulit  buah Manggis dan Serbuk Kopi untuk Perawatan Tubuh.

Pondok Pesantren Rubat Mbalong Ell Firdaus Desa Tambaksari Kecamatan Kedungreja mendapatkan Predikat Juara 2 dengan inovasi berjudul Pupuk Organik Cair Mbalong Kulit Pisang Sebagai Solusi Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang dari Industri Rumahan Sale Pisang.

Selanjutnya inovasi dengan judul Pemanfaatan Biji Pepaya sebagai Koyok Penghancur Batu Ginjal dari SMA Negeri 3 Cilacap dianugerahi Juara 3, dan Juara Harapan 1 dengan judul Pemanfaatan Teknologi Gelombang Mikro untuk Ekstraksi Minyak Hati Ikan Cucut Botol, invensi dari STIKES Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap.

Selanjutnya  inovasi berjudul Pengembangan Aplikasi Android GMID (Gerakan Indonesia Membaca ) sebagai alternatif Soslusi Mengembangkan Nilai Karakter Bangsa dan Budaya Literasi Anak dari SMK Negeri Karangpucung Karangpucung mendapatkan Juara Harapan 2. Dan yang terakhir invensi dari Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali  (UNUGHA) Cilacap   dengan judul Produk Pemutih Pakaian Alami CAKURENTAsKLIN dari Limbah Cangkang Telur mendapatkan Juara Harapan 3.

Hadiah lomba berupa Piala, Piagam dan Uang Pembinaan, masing – masing  bagi Juara 1 sebesar Rp. 5.000.000,-, Juara 2 Rp. 4.000.000, Juara 3 Rp. 3.000.000,-, Juara Harapan 1 Rp. 2.500.000,- , Juara Harapan 2 s Rp. 2.000.000,- dan Juara Harapan 3 sebesar Rp. 1.500.000,-.

Penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba dilaksanakan pada Hari Selasa, 17 Oktober 2017 di Aula Bappelitbangda Kabupaten Cilacap, dan diserahkan langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Bapak Drs. Farid Ma’ruf, MM, didampingi Sekretaris Bappelitbangda Sumbowo, S.Sos, M.Si, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappelitbangda, Ir. Aris Sunarya, M.Si  selaku Ketua Penyelenggara, dan Para Pejabat Terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Selamat kepada Para Pemenang !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.